Rabu, 13 April 2011

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen (SIM)

A. Konsep Dasar Sistem

Pengertian sistem:
1. Menurut Jerry FithGerald ; sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
2. Menurut Ferdinan M : adalah sekolompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
3. Suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu untuk melaksanakan fungsi kerja tertentu.

Contoh sistem : sistem syaraf, sistem pencernaan, sistem produksi, sistem lalu lintas, jaringan komputer, dll

Klasifikasi sistem :
1. Abstrak
Sistem yang berbentuk konsep, ide atau pemahaman mengenai suatu kondisi atau keadaan. Contoh : sistem kepercayaan, sistem kebudayaan.
2. Fisik
Sistem yang dapat diidentifikasi secara langsung. Contoh : sistem jaringan komputer, sistem produksi.
3. Alamiah
Terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Contoh : Tata surya, geologi bumi.
4. Buatan
Dibuat oleh manusia dengan tujuan tertentu. Contoh : Sistem akademik.
5. Probabilistik
Umumnya merupakan sistem alami dimana kondisi mendatang tidak dapat ditentukan secara pasti.
6. Deterministik
Merupakan sistem yang pola kerja dan tingkah lakunya dapat diketahui secara pasti. Contoh : Sistem pengapian kendaraan bermotor

B. KONSEP DASAR INFORMASI

Pengertian informasi :
1. Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
2. Informasi merupakan data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

C. KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI

Pengertian Sistem Informasi :
1. Menurut M Fakhri Husein : adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembuatan keputusan, dan pengawasan dalam organisasi.
2. Menurut Ferdinan M : suatu sistem yang menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan. Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.

Komponen sistem informasi
1. Input
- Signal input : raw data (angka, huruf)
- Maintenance input: program untuk operasi data.
2. Output
Hasil pengolahan data oleh sistem berupa informasi yang berkualitas bagi user.
3. Prosesor / model
Kombinasi prosedur kerja meliputi model matematika, dan logika untuk memproses dan memanipulasi komponen input.
4. Basis data
Kumpulan data yang saling berkaitan dan tersimpan dalam perangkat keras komputer dan untuk mengoperasikannya diperlukan sebuah perangkat lunak tertentu.
5. Teknologi
Merupakan sumber kemajuan dari semua komponen yang memungkinkan sebuah sistem dapat bekerja sesuai keinginan pengguna. Termasuk hardware, software, metode, dan lain-lain.
6. Kontrol
Merupakan pengatur interaksi antar komponen dalam suatu sistem, meliputi kontrol data, kontrol keamanan, kontrol pemakaian dan lain-lain.


Elemen Sistem Informasi:
1. Manusia. Merupakan elemen dasar dimana kebutuhan sistem informasi bersumber dari kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
2. Perangkat keras/ hardware. Merupakan sarana fisik pengolah sistem informasi baik fungsi input maupun output, meliputi; CPU, monitor, printer, mouse, keyboard, dll
3. Perangkat lunak. Berisi prosedur,logika, maupun pengolah data yang dirangkai menjadi suatu program aplikasi tertentu baik berdiri sendiri maupun berinteraksi dengan aplikasi lainnya.
4. Basis data. Merupakan data berbentuk file yang disimpan didalam media penyimpanan (seperti hardisk, CD, floppy, cassette, dll) dimana untuk menggunakannya memerlukan suatu software pengolah data tertentu.
5. Networking / jaringan. Adalah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain yang bekerja dengan cara berbagi/ sharing data, menggunakan media penghubung kabel maupun nirkabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda dengan santun