Rabu, 13 April 2011

Pengantar CAD/CAM

Pengantar CAD / CAM

Pengertian Computer Aided Design (CAD) :
Adalah sebuah sistem desain/ rancang bangun menggunakan perangkat komputer dan software desain tertentu, yang memungkinkan para engineer merencanakan, memodelkan, dan mengevaluasi suatu model produk/ barang dengan akurat sebelum diproduksi (manufacturing).

Pengertian Computer Aided Manufacturing (CAM) :
Adalah sebuah sistem yang secara otomatis mampu menghasilkan produk/ benda kerja (finish product) melalui penggunaan perangkat permesinan yang dikendalikan oleh komputer.


Mengapa perlu CAD:
1. Proses desain memerlukan waktu yang lama serta menggunakan media kertas yang mudah rusak dan sulit dalam penyimpanan.
2. Proses editing desain pada kertas atau media gambar berarti sama dengan proses gambar ulang yang memakan waktu lama.
3. Peralatan desain yang diperlukan dalam membuat gambar secara konvensional sangat banyak dan mahal (meja gambar, kalkir, rapido, pensil mekanik, penggaris, dan lain-lain).
4. Siklus hidup produk (Product Life Cycle) yang pendek memerlukan waktu desain produk yang cepat untuk dapat bersaing di pasar.


Sejarah Teknologi CAD
1. Perkembangan komputer untuk tujuan desain dimulai sejak awal tahun 1960. Pada masa sebelumnya bidang desain menggunakan media kertas gambar dan kalkir dan dipergunakan di setiap sekolah kejuruan dan industry manufaktur.
2. Pada tahun 1970 sistem CAD mulai dikenal dan digunakan secara luas, namun pengembangannya masih terbatas pada desain 2D.
3. Tahun 1980 teknologi solid drawing mulai dikenal dipakai dalam program aplikasi desain CAD (RomulusTM, Uni-Solid Catia).
4. Tahun 1982 Autodesk mengeluarkan aplikasi AutoCad 2D, kemudian tahun 1988 diperkenalkan Pro Eng dengan fitur utama modelling methods dan parameter linked.
5. Awal tahun 1990 dunia mengenal B-rep Solid modeling kernels (aplikasi untuk manipulasi model geometrid topologi objek 3D), aplikasi ini kemudian banyak dikembangkan oleh berbagai perusahaan pembuat aplikasi CAD.
6. Seiring dengan kemajuan jaman mulai bermunculan program aplikasi desain salah satunya Solid Work tahun 1995, Solid Edge tahun 1996, IronCad tahun 1998.

Unsur – unsur CAD

1. Hardware : berupa perangkat keras komputer dan perangkat pendukung lainnya.
2. Software : merupakan program aplikasi yang dijalankan oleh komputer
3. Data : berupa struktur informasi/ data yang dikelola oleh software
4. Manusia : adalah unsure utama ada kemajuan teknologi. Karena teknologi bersumber dari pemenuhan kebutuhan manusia.

8 komentar:

  1. “Nice sharing.Find latest Jobs in Asia,Europe,Africa & Gulf and all over the world at http://toppakjobs.blogspot.com”

    BalasHapus
  2. om punya buku cad cam bahasa indonesia atau inggris...
    mohon sms saya 085697745081 (rizky)
    thank's before

    BalasHapus
  3. lagi skripsi nih om, mohon bantuannya :(

    BalasHapus
  4. Sapa yg punya software cad came.......? Bagi.....

    BalasHapus
  5. terima kasih telah bagi ilmunya

    BalasHapus
  6. Gan bisa buat program G-code dengan cad cam

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar anda dengan santun